0
Cara membuat jus buah manggis dan kulitnya serta manfaatnya - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Cara membuat jus buah manggis dan kulitnya serta manfaatnya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel ibu hamil, Artikel jus buah, Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, Artikel perawatan kulit, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Cara membuat jus buah manggis dan kulitnya serta manfaatnya
link : Cara membuat jus buah manggis dan kulitnya serta manfaatnya

Baca juga


Cara membuat jus buah manggis dan kulitnya serta manfaatnya

ads disini
ads disini

Jus manggis dan manfaatnya - Buah manggis ini tergolong kedalam buah musiman yang kerap muncul di indonesia,Bentuk nya bulat degan warna kulit buah yang cenderung hitam keunguan disertai daging buah berwarna putih di dalam nya.


Buah manggis kadang disebut juga sebagai ratu nya buah,Karena buah manggis ini memiliki mahkota buah dibagian atas nya,Maka dari itu disebut sebagai ratu buah,Manfaat buah manggis sudah banyak diketahui sejak lama,Terutama pada bagian kulit buah nya,Senyawa aktif dan penting yang ada sangat baik untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

Kali ini kita membahas bagian daging buahnya dan kulitnya untuk di ulas bagaimana cara nya membuat jus buah manggis dan jus kulit buah manggis yang enak dan segar.Serta beberapa manfaat nya untuk tubuh jika kita rutin mengkonsumsi jus buah manggis ini.

Cara membuat jus buah manggis yang enak tidaklah rumit,Di perlukan beberapa bahan pendukung saja agar aras jus buah manggis yang kita olah semakin enak dan nikmat,tentunya kaya akan manfaat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Cara membuat jus buah manggis enak dan sehat


1. Jus buah manggis

Bahan-bahan yang dibutuhkan :
  • 4 hingga 5 buah manggis matang
  • 250 ml air
  • Yoghurt tawar secukupnya
  • 4 sdm madu
  • 1/2 perasan jeruk lemon
Cara membuat jus manggis :

1. Pertama kita kupas dahulu buah manggis pisahkan kulit dan daging buah nya,Sisihkan kulit buah manggis untuk kemudian nanti kita olah menjadi jus kulit buah nya.

2. Setelah proses diatas dilakukan,Kita pisahkan daging buah manggis,Ambil daging buahnya saja kemudian biji buahnya kita buang.

3. Setelah daging buah manggis kita pisahkan,Tahap ini bisa kita sediakan blender,Setelah itu bisa kita haluskan dengan mencampur daging buah manggis dengan air,yoghurt tawar,madu dan perasan jeruk lemon.Kemudian kita haluskan kembali hingga benar-benar halus dan tercampur rata.

4. Setelah adonan halus dan tercampur rata,Jus buah manggis bisa kita sajikan kedalam gelas saji dan bisa kita konsumsi.Bila ingin dingin bisa kita diamkan beberapa saat di lemari pendingin agar semakin segar.


manfaat jus buah manggis dan kulitnya
Manfaat jus manggis ini ialah sebagai berikut :

Di dalam daging buah manggis terdapat sekumpulan vitamin dan mineral seperti vitamin A,vitamin C,zat besi,kalsium,magnesium dan juga komponen vitamin B komplek yakni,tiamin,niacin hingga asam folat.

Yang mana keseluruhan vitamin tersebut baik sekali untuk kesehatan tubuh kita,Diantaranya baik untuk menjaga daya tahan tubuh,Menjaga tekanan darah di ambang normal,mempercepat metabolisme tubuh dari dalam yang artinya mampu memproses makanan yang kita konsumsi menjadi energi dengan cepat,hingga penangkal radikal bebas alami untuk tubuh.

Daging buah manggis juga sangat kaya akan asam folat,yang mana asam folat tersebut penting sekali untuk kesehatan ibu hamil dan janin,Temukan dibawah manfaat lengkap asam folat untuk ibu hamil.

Baca juga : Manfaat asam folat pada buah manggis untuk ibu hamil

2. Jus kulit buah manggis


Bahan-bahan :
  • 4 buah manggis (ambil kulitnya saja)
  • 300 gram anggur merah
  • 200 gram apel merah
  • 5 sdm madu murni
  • 500 ml air
  • 2 batang kayu manis
  • 1 sdm jus jeruk nipis
Cara membuat jus kulit buah manggis :

1. Cuci bersih kulit manggis yang sudah kita sediakan tadi,Hingga benar-benar bersih.Setelah itu sihkan dahulu.

2. Buah anggur juga kita cuci bersih dan sisihkan kembali,untuk buah apel setelah kita bershikan potong-potong menjadi ukuran dadu agar mudah di blender dan cepat halus nantinya.

3. Masukkan semua bahan ke dalam blender,Kita blender hingga ahalus dengan bantuan sedikit air.Setelah halus sisihkan.

4. Setelah itu,tuangkan jus yang kita haluskan tadi kedalam panci dan taruh kayu manis lalu rebus selama 5-10 menit,Sampai mendidih dan meletup-letup.Jika kurang air nya bisa ditambahkan kembali.

5. Setelah mendidih,kita angkat dan kita saring mengunakan saringan jus,Pisahkan ampas dan ambil air rebusan nya saja,Untuk penyajian bisa kita sajikan kedalam gelas dan beri madu dan perasan jeruk nipis,Jika suka manis madu bisa ditambah lebih banyak lagi.

Jus kulit manggis ini paling enak jika diminum selagi hangat,Rasanya mirip-mirip lemon tea namun aroma kulit manggis sangat dominan jadi semakin khas dan enak di lidah,Tentu nya sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Manfaat jus kulit manggis ini ialah :

Di dalam kulit manggis antioksidan yang dihasilkan lebih tinggi 3 kali lipat di banding daging buahnya,Sehingga kulit buah manggis sangat baik sekali untuk pencegah pertumbuhan sel kanker,Kandungan zat xanthone dalam kulit dan buah manggis memiliki sifat anti proliferasi danapoptosis yang mampu mencegah perambatan stadium lanjut penderita kanker.

Selain itu jus kulit manggis ini bermanfaat juga untuk  menjaga fungsi jantung,Mencegah diare,mengatasi insomnia,melancarkan haid,mengobati alergi,mengontrol kadar gula darah dalam tubuh hingga mengobati varises dan peredah vertigo.

Manfaat lain nya dari jus kulit manggis ini baik untuk mencegah gejala penuaan dini,Menjaga kesehatan kulit tubuh dari dalam secara alami sehingga terhindar dari pengeriputan kulit akibat radikal bebas.Vitamin C dan E yang ada pada kulit manggis juga berpotensi baik untuk mencerahkan kulit dari dalam sehingga kulit tubuh semakin terlihat lebih cerah dan bercahaya.

Baca juga : Manfaat buah alpukat untuk kecantikan dan kesehatan kulit

Ampas dari pengolahan jus kulit manggis tadi bisa kita manfaatkan juga lho,Kita bisa mengolahnya menjadi scrub atau masker untuk kulit tubuh dan wajah kita.Cara nya cukup mudah banget.Ampas jus kulit manggis tadi kita campur saja dengan minyak zaitun dan susu bubuk.

Setelah kita campur,bisa kita gunakan menjadi scrub atau masker wajah,Caranya cukup mudah kita cukup menggosokkan kebagian kulit secara perlahan,Lakukan di sore hari sebelum mandi sore,Setelah itu bilas dan bersihkan dengan air.Manfaatnya juga tidak kalah hebat dengan mengkonsumsi jus kulit manggis nya.

Antioksidan dan vitamin penting yang ada pada kulit manggis seperti C,E dan B merupakan vitamin baik untuk kesehatan kulit.Manfaatnya dapat menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit,Hingga menjaga eksistensi kolagen pada bagian kulit tubuh,Yang berpengaruh terhadap,kulit tubuh menjadi semakin cerah dan sehat.Jika kita gunakan sebagai masker wajah,Manfaatnya bisa mengobati jerawat dan mengangkat sel kulit mati hingga menghilangkan flek hitam pada wajah.

Demikian cara membuat jus buah manggis dan kulitnya serta manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita,Semoga tulisan ini bisa menjadi bacaan menarik dan informasi berguna untuk kita semua,Tetap sehat dan terus berkarya.

Baca juga : Resep jus melon enak dan manfaatnya untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top