0
Khasiat dan manfaat tumbuhan ciplukan untuk kesehatan tubuh - Hallo netizen Bilhio.com, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Khasiat dan manfaat tumbuhan ciplukan untuk kesehatan tubuh, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel kesehatan, Artikel manfaat buah, yang kami tulis ini dapat bermanfaat. baiklah, selamat membaca.

Judul : Khasiat dan manfaat tumbuhan ciplukan untuk kesehatan tubuh
link : Khasiat dan manfaat tumbuhan ciplukan untuk kesehatan tubuh

Baca juga


Khasiat dan manfaat tumbuhan ciplukan untuk kesehatan tubuh

ads disini
ads disini

Manfaat buah ciplukan.-Ciplukan atau nama lainnya cemplukan merupakan buah kecil bersegi sejenis rumput liar yang banyak tumbuh disemak-semak.Buah ini memiliki bentuk yang unik seperti hati jika masih terbungkus,Namun buah di dalamnya berbentuk bulat sempurna dengan warna kuning kemerahan jika sudah masak.Buah ciplukan memiliki rasa yang manis sedikit masam.

Buah ciplukan termasuk jenis tanaman herbal yang kini sudah banyak dibudidayakan untuk diambil,Daun,akar,batang hingga buah nya.Tumbuhan ini biasa tumbuh di dataran tinggi,meliputi semak-semak,pingiran sungai dan kali,di antara tanaman perkebunan dan hutan liar.Menurut penelitian tumbuhan ini memiliki banyak kandungan senyawa yang baik untuk tubuh,Diantara nya ialah.

manfaat buah ciplukan



  • Flavonoid
  • Saponin
  • Polifenol
  • Asam malat
  • Alkaloid
  • Tanin
  • Kriptoxantin
  • Vitamin C
  • Gula

Setealah kita melihat beberapa kandungan yang ada pada buah ciplukan diatas,ada baiknya kita mengetahui akan khasiat dan manfaat buah ciplukan ini lebih dalam,Berikut manfaat-manfaat yang bisa kita dapat jika mengkonsumsi tumbuhan ciplukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Khasiat dan manfaat tumbuhan ciplukan untuk kesehatan

1.Menurunkan tekanan darah
Tanaman ciplukan biasa dugunakan sebagai obat herbal untuk menurunkan tekanan darah penderita hipertensi,Kandungan polifenol pada buah ciplukan mampu mengontrol tekanan darah dalam tubuh secara perlahan dan bertahap.Caraya cukup mudah,Cukup merebus tanaman ciplukan,Kemudian minum air rebusan nya secara rutin 1 minggu 3 kali untuk hasil maksimal.

2.Menjaga daya tahan tubuh
Buah ciplukan juga bisa anda manfaatkan sebagai sumber asupan vitamin C alami untuk tubuh.Karena buah ini berkhasiat menjaga daya tahan tubuh dari dalam.Sehingga anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit,seperti sariawan dan influenza yang kerap datang sewaktu kondisi tubuh anda sedang drop.

3.Metabolisme energi tubuh
Buah dengan nama latin Physallis angulata Linn ini bermanfaat juga sebagai metabolisme energi pada tubuh.Karena buah cemplukan memiliki kandunagn asam malat.Asam malat merupakan jenis asam yang bisa kita dapatkan pada beberapa jenis buah.Asam malat berguna pula untuk menjaga kesehatan otot,meredakan nyeri pada sendi,keram serta kesemutan.

4.Obat penyakit Bronkhitis
Kandungan alkaloind pada buah ciplukan berfungsi sebagai anti radang dan bakteri alami untuk tubuh,Sehingga mampu mengobati penyakit bronkhitis.

5.Sumber antioksidan alami
Senyawa tanin merupakan senyawa paling banyak terdapat pada daun ciplukan.Senyawa tanin berkhasiat sebagai antioksidan alami yang dibutuhkan tubuh untuk melawan radikal bebas.Selain itu senyawa tanin juga berkhasiat untuk mencegah diare,sebagai anti bakteri dan anti racun.

6.Menjaga fungsi hati
Jenis Flavonoid yang terkandung pada buah ciplukan berkhasiat pula untuk menjaga fungsi hati,Selain itu Flavonoid juga berkhasiat menetralisir sisa-sisa racun dalam tubuh sebagai detoksifikasi alami.

Itulah beberapa khasiat dan manfaat yang bisa kita dapat dari tumbuhan buah ciplukan ini.Semoga tulisan singkat ini dapat memberikan informasi serta wawasan untuk kita seputar manfaat buah ciplukan bagi tubuh.

Baca juga : Hebat !! Manfaat buah cempedak untuk kesehatan

ads disini

Posting Komentar

 
Top